Pengertian Webinar Adalah, Jenis-jenis, dan Contohnya

Webinar adalah kata-kata yang selama masa pandemi Covid-19 sering disebutkan dan didengar masyarakat. Keterbatasan melakukan pertemuan secara tatap muka dengan banyak orang membuat webinar menjadi solusi untuk tetap menyampaikan informasi kepada orang banyak di masa pandemi.

Namun, tahukah kamu mengenai pengertian, jenis, dan contoh media webinar? Pembahasan mengenai webinar akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini.

Pengertian Webinar

Pengertian Webinar Adalah
Source: pexels.com

Webinar merupakan kependekan dari web seminar atau sebuah kegiatan yang dilakukan menggunakan perantara web atau media online lainnya. Webinar dilakukan secara online yang bisa dihadiri oleh orang dari mana saja asalkan tersedia aplikasi penghubung dan jaringan internet.

Jenis-Jenis Webinar

Jenis-Jenis Webinar
Source: pexels.com

Webinar sendiri memiliki jenis-jenisnya yang dibedakan berdasarkan sisi pemasarannya dan biaya yang dibebankan. Pembahasannya masing-masing jenis webinar tersebut adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan Sisi Pemasaran

Jenis-jenis webinar berdasarkan sisi pemasarannya bisa dibedakan menjadi tiga, yaitu:

a. Sales Webinar

Jenis yang pertama adalah sales webinar. Webinar jenis ini merupakan seminar yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan target pasar produk barang atau jasa yang dipasarkan dalam webinar tersebut.

b. For Profit Webinar

Jenis yang kedua adalah for profit webinar yaitu webinar yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mencari keuntungan.

c. Webinar Series

Jenis yang ketiga adalah webinar series yaitu seminar yang dilaksanakan dengan membawa berbagai jenis topik yang relevan dan up to date dan dikemas dengan beberapa seri seminar dalam kurun waktu tertentu.

2. Berdasarkan Biaya yang Dibebankan

Jenis-jenis webinar berdasarkan biaya yang dibebankan dibagi menjadi dua, yaitu:

a. Webinar Berbayar

Jenis yang pertama adalah webinar berbayar. Webinar berbayar merupakan seminar yang mengharuskan pesertanya membayarkan sejumlah uang untuk mengikuti seminar.

Webinar jenis ini biasanya memberikan course atau pembelajaran secara singkat dimana jika dipelajari secara offline biayanya bisa lebih mahal. Contohnya seperti webinar pembelajaran desain, content writer, copy writer, dan lain sebagainya.

b. Webinar Gratis

Jenis yang pertama adalah webinar gratis. Webinar gratis merupakan seminar yang tidak menarik biaya sepeserpun kepada pesertanya jika ingin mengikuti seminar tersebut.

Contoh Media Webinar

Contoh Media Webinar
Source: pexels.com

Dalam melakukan webinar, tentunya tidak akan terlepas dari media atau aplikasi yang menjadi perantara penyelenggaraan webinar itu sendiri, Beberapa contoh media atau aplikasi yang digunakan untuk melaksanakan webinar diantaranya adalah:

1. Zoom

Aplikasi atau contoh media yang digunakan untuk melaksanakan webinar yang pertama adalah zoom. Zoom merupakan media andalan yang digunakan oleh penyelenggara webinar. Aplikasi ini dibuat oleh China dan memberikan fasilitas yang gratis hingga berbayar.

2. Youtube

Aplikasi atau contoh media yang digunakan untuk melaksanakan webinar yang kedua adalah youtube dengan menggunakan fitur siaran langsung.

Keunggulan menggunakan Youtube dengan siaran langsung adalah semua pihak yang terlibat di dalam seminar bisa berinteraksi secara real time seperti menggunakan kolom komentar.

Selain itu, Youtube Live juga bisa menjangkau audiens yang lebih luas karena tidak memerlukan invitation link dimana biasanya akan didapatkan oleh peserta yang melakukan registrasi terlebih dahulu.

3. Google Meet

Aplikasi atau contoh media yang digunakan untuk melaksanakan webinar yang ketiga adalah Google Meet. Google Meet merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh Google untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna Google dalam melaksanakan seminar atau konferensi.

Webinar merupakan kegiatan yang sudah sering bersinggungan dengan kehidupan kita di masa kini dimana semuanya diakses secara online. Sehingga alangkah lebih baiknya untuk memahami apa itu webinar secara mendalam.

Default image
Mendy