5 Perbedaan Sales dan Marketing Perusahaan, Ternyata Berbeda!

Dalam mempromosikan dan memasarkan produknya, perusahaan menyerahkannya pada bagian marketing termasuk sales. Banyak orang yang tidak mengerti perbedaan sales dan marketing sehingga sering menyamakan keduanya.

Keduanya berbeda, untuk itu jangan sampai kamu salah masuk ke salah satunya. Agar tak bingung, berikut penjelasan mengenai sales dan marketing yang bisa kamu ikuti.

5 Perbedaan Sales dan Marketing

Perbedaan antara sales dan marketing bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti pengertian hingga tujuannya. Berikut beberapa perbedaan antara sales dan marketing yang perlu kamu ketahui.

1. Pengertian Sales dan Marketing

Pengertian Sales dan Marketing
Source: pexels.com

Pengertian sales yaitu bagian dari suatu perusahaan yang berperan dalam menjual dan memastikan produk jualannya laku atau tidak dengan harga yang telah ditetapkan melalui persetujuan dengan konsumen.

Adapun pengertian marketing yaitu bagian dari perusahaan yang bekerja dalam perencanaan produk, penetapan harga, serta promosi dan distribusi barang demi kepuasan konsumen.

Jadi, kerja sales lebih sederhana karena hanya menjual, sedangkan marketing lebih banyak karena berkaitan dengan strategi.

2. Konsep Kerja Sales dan Marketing

Konsep Kerja Sales dan Marketing
Source: pexels.com

Selain dari definisi, perbedaannya juga bisa dilihat dari proses kerjanya. Karena sales bekerja dengan cara menjual, maka posisi ini akan bertemu dengan pembeli atau konsumen secara langsung, baik tatap muka maupun melalui telepon dan media sosial.

Sedangkan untuk konsep kerja marketing ada di belakang sales, yaitu memikirkan bagaimana cara mempromosikan produk, analisis pasar, mengidentifikasi produk, dan lain sebagainya. Dengan begitu, produk dapat dikenal dan mendapat tempat di hati konsumen.

3. Ruang Lingkup Kerja Sales dan Marketing

Ruang Lingkup Kerja Sales dan Marketing
Source: pexels.com

Dalam bekerja, antara sales dan marketing juga punya perbedaan ruang lingkup kerja. Karena sales bekerja dengan cara berkomunikasi dengan konsumen, maka setelah urusan dengan konsumen selesai, pekerjaannya juga selesai.

Bisa dibilang perbedaannya ada pada jangka waktunya. Sedangkan untuk posisi marketing jangka waktu kerjanya lebih panjang karena merekalah yang bertugas untuk mempertahankan konsumen agar tetap setia memakai produk perusahaan.

Ruang lingkup kerja marketing ini tidak hanya sesudah transaksi dengan konsumen, melainkan sejak sebelum transaksi terjadi.

4. Prioritas dan Fungsi Sales serta Marketing

Prioritas dan Fungsi Sales serta Marketing
Source: pexels.com

Antara sales dan marketing memiliki prioritas dan fungsinya yang berbeda, namun saling bersinergi. Prioritas sales adalah membantu dan melayani konsumen dalam memperoleh produk yang dicari.

Dengan begitu, akan timbul keuntungan kedua belah pihak, yaitu konsumen dan juga perusahaan. Semakin banyak konsumen yang mau membeli produk, maka target penjualan akan segera tercapai.

Sedangkan untuk prioritas marketing selain mendapatkan konsumen juga membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Tujuannya agar kelangsungan penjualan produk tetap terjaga atau bahkan meningkat.

Bisa dikatakan bahwa marketing prioritasnya bukan lagi pada konsumen baru saja, melainkan konsumen lama yang bisa disebut dengan pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang didapat, maka otomatis pendapatan perusahaan juga meningkat.

5. Tujuan Sales dan Marketing

Tujuan Sales dan Marketing
Source: pexels.com

Perbedaan terakhir antara sales dan marketing terletak pada tujuannya. Tujuan sales dalam bekerja adalah dapat menjual produk dalam jumlah banyak sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya.

Sedangkan untuk marketing tujuannya adalah untuk menjaga nama baik merek dagang perusahaan di mata konsumen. Dengan begitu, kualitas merk produk perusahaan mendapatkan perhatian dari masyarakat.

5 perbedaan sales dan marketing di atas tampaknya cukup jelas untuk memberikan kamu gambaran mengenai keduanya. Baik sales maupun marketing, keduanya memang bertanggung jawab dalam penjualan produk ke konsumen, meski langkahnya berbeda.

Default image
Mendy