Pengertian Instagram Ads dan Cara Membuatnya [Lengkap]

Instagram ads adalah istilah yang saat ini sangat banyak digunakan oleh pemilik bisnis untuk mengembangkan usahanya dan meningkatkan penjualan. Instagram sendiri merupakan media sosial dengan jumlah pengguna yang fantastis di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Instagram pada tahun 2018 mencapai 60 juta pengguna dan menempatkan Indonesia di peringkat empat sebagai pengguna Instagram terbanyak. Hal ini membuat Instagram ads sangat efektif jika digunakan untuk media promosi.

Cara Membuat Instagram Ads Adalah

Cara Membuat Instagram Ads Adalah
Source: pexels.com

Pengertian Instagram ads yaitu sebuah platform iklan yang ada di media sosial Instagram. Fitur ini memungkinkan pemilik iklan untuk membuat iklan di feed dan story Instagram bisnis mereka.

Setelah memahami mengenai apa itu Instagram ads, kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat iklan di Instagram. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk Ke Facebook Ads Manager

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke laman Facebook Ads Manager dan masuk menggunakan akun Facebook yang terintegrasi dengan Instagram.

2. Klik Pembuatan Iklan Terpadu

Langkah kedua adalah buka menu pembuatan iklan terpadu jangan pilih pembuatan iklan cepat. Mengapa demikian? Karena pembuatan iklan terpadu akan menghasilkan iklan yang lebih spesifik sehingga lebih meningkatkan reach produk yang diiklankan.

3. Menentukan Tujuan Iklan

Langkah yang ketiga adalah menentukan tujuan iklan yang dibuat. Dari Facebook menyediakan tiga pilihan yaitu konversi, kesadaran, dan pertimbangan. Kemudian pilih atau klik tujuan iklan yang paling sesuai dengan bisnis yang diiklankan.

4. Memilih Jenis Iklan

Langkah yang keempat adalah memilih jenis iklan. Facebook memberikan dua pilihan jenis iklan yaitu pengoptimalan anggaran dan uji split. Kedua jenis iklan ini harus dipilih salah satu karena tidak bisa digunakan secara bersamaan.

Iklan dengan jenis pengoptimalan anggaran tidak membutuhkan biaya yang mahal, namun efektivitasnya tidak sebaik uji split.

Dalam jenis iklan uji split akan membutuhkan biaya yang lebih besar, namun audience yang dijangkau akan lebih luas dan bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.

5. Tulislah Nama Iklan dan Pilih Tujuan Traffic Iklan

Langkah kelima adalah tulis nama iklan dan pilih tujuan traffic iklan. Facebook memberikan pilihan tujuan traffic yaitu website, messenger, WhatsApp, atau aplikasi.

6. Klik Menu Tampilkan Promo

Langkah keenam adalah klik menu tampilkan promo sehingga iklan bisa dipromosikan.

7. Menentukan Target Audience

Langkah ketujuh adalah menentukan spesifikasi target audience atau penonton ikan tersebut. Kamu harus menentukan target audience dengan ketujuh aspek di bawah ini:

a. Lokasi

Disini pembuat iklan bisa menentukan lokasi target iklan dengan memasukkan lebih dari satu negara, wilayah, kota, kabupaten, kode pos, sampai dengan alamat yang spesifik.

b. Pemirsa Khusus

Disini pemilik iklan bisa menentukan target audience secara khusus. Contohnya, audience yang pernah berinteraksi di website bisnis atau Facebook bisnis milik si pengiklan.

c. Umur

Disini pemilik ikan bisa menentukan iklan tersebut diperuntukkan untuk audience dengan usia berapa.

d. Bahasa

Pemilik ikan bisa memasukkan bahasa yang digunakan oleh suatu negara atau wilayah yang menjadi target audience.

e. Jenis Kelamin

Pada opsi ini, pemilik iklan bisa memasukkan jenis kelamin yang sesuai dengan target audience iklan.

f. Koneksi

Pemilik iklan juga bisa menentukan target audience yang tergabung dalam kelompok atau koneksi yang sama.

g. Penargetan Terperinci

Selanjutnya, pemilik iklan bisa menentukan target audience iklan berdasarkan minat audience.

8. Pilih Penempatan Otomatis

Langkah kedelapan adalah pilih penempatan otomatis sehingga iklan akan tampil di seluruh aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook.

9. Pilih Jadwal Tayang

Langkah kesembilan adalah pemilik iklan harus menentukan berapa lama iklan akan ditayangkan.

10. Pilih Format Iklan

Langkah kesepuluh adalah memilih format iklan yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa format iklan yang disediakan adalah gambar tunggal, tayangan slide, koleksi, video tunggal, dan karosel.

11. Buat Deskripsi Iklan

Langkah kesebelas adalah membuat deskripsi iklan berupa teks. Selanjutnya, masukkan link website bisnis, pilih gambar, dan tulis judul iklan.

12. Selesaikan Pembayaran

Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran dan setelah berhasil iklan akan ditayangkan.

Instagram ads adalah salah satu media yang efektif untuk mengiklankan produk bisnis sehingga kamu bisa memanfaatkan peluang ini. Jangan sampai ketinggalan karena saat ini media ini termasuk yang efektif.

Default image
Mendy